Cara Memperbaiki Grafis Game Age Of Empires 2 di Windows 7

Age Of Empires 2 merupakan salah satu game kesukaan saya,Frank Merupakan Pasukan Favorite Saya,Karena Paladin Frank merupakan pasukan Paladin terkuat Bila di bandingkan Paladin dari suku Lain.

Banyak Hal yang menarik dari Game ini menurut saya.Sayangnya Game ini hanya bisa dipake di Windows Xp.Ketika saya menggunkan Windows 7,grafis pada game menjadi hancur,rumput dan warna airnya seakan tidak compatible dengan OS ini.

Akhirnya saya Memutuskan Untuk membuat 3 Buah OS di laptop saya,Awalnya Saya Menggunakan Dual Boot Windows 7 dan Windows 8,Tak ingin Rasanya Saya Menghapus OS tersebut,Akhirnya saya memutuskan Untuk MenyisipkanWindows Xp,Windows 7,dan Windows 8. Jadi Lengkap deh,Semua game Pasti Bisa Di mainkan dan Masalahpun Selesai..

Tapi,Masalah Barupun Muncul?

Hardisk Laptop saya Ukuranya hanya 320 Giga.jadi kalo pakai 3 OS pasti menghabiskan Banyak ruang di Hardisk saya,dengan membuat 4 Buah Partisi,75 Giga untuk tiap-tiap sistem,selebihnya dipakai untuk Penyimpanan data.Ini membuat saya membuang Banyak Ruang Kosong Pada Hardisk.

Kembali Kepermasalahan awal,Game Age of Empires 2 tidak compatible dengan windows 7,itulah penyebab saya membuat 3 OS di Laptop saya.Setelah mempelajari Penyebabnya,mulai dari merubah direct,mengcompatiblekanya dengan Properties,mengatur Resolusi Gamenya,dan menggunakan laptop lain yang card grafisnya Berbeda,masih saja seperti itu tak ada perubahan.

Akhirnya,dengan Motto "Harus Menang dan Menghindari kekalahan".Saya menemukan Solusinya:

  • Click kanan pada destop,kemudian pilih Personalize. Lihat gambar 1
Gambar 1














  • Setelah itu pilih Thema Windows Classic,maka tampilan akan berubah.Lihat gambar 2
Gambar 2















  • Klick kanan kembali pada destop,kemudian pilih screen resolution.Lihat gambar 3
Gambar 3















  • Setelah membuka Screen resolution akan keluar panel seperti gambar 4.
Gambar 4













  • Ketika panel pada gambar 4 keluar,jangan pernah mengeluarkan panel tersebut karena syarat utamanya adalah membiarkan panel selalu terbuka.
  • Mainkan Game Age Of Empires II anda. Dijamin Seratus Persen Berhasil.Semoga Sukses.



83 komentar:

  1. hahaha
    thank's bgt bro bwt ilmunya..
    brkat ente,,ane jdi bsa maen AOE II dengan nyaman tanpa bercak2 merah di rumputnya.. :D
    you're the Best Bro..!!!

    BalasHapus
  2. kalo AOE 3 gmn kk ko ga bisa sama langkah"nya buat maen kaya AOE 2 nyaa
    masi blm bisa nih d'maenin AOE 3nyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan,, kalau Age of Empires 3 ngak ada masalah di windows 7

      Hapus
    2. kk bisa ksh soft copy AOE 3 pngn main kk susah dowloadnya lama T_T

      Hapus
    3. Bisa, lokasinya di mana gan? filenya 1.66Giga, lumayan besar tuh kalau ane upload tuh gan.

      Hapus
    4. darimana cara mendownloadnya, aku juga ga bisa bisa

      Hapus
  3. thx atas ilmuny, tp AOE 2 punya q kq smpe skrang blum bisa, mhon bantuanya gan..

    BalasHapus
  4. Gmbr uda bgs gan cm layarnya kok tetap kcl gk bisa full

    BalasHapus
  5. kalau masalah layar ngak bisa full gampang gan, tinggal buka pengaturan grafik di komputer agan, misalnya agan menggunakan vga intel, buka pengaturanya, biasanya ada di bagian notifikasi windows, ganti pengaturanya menjadi full screen dan resolusi 1360 x 768

    BalasHapus
  6. MANTAP ! ! ! Thx gan

    Tapi ada 1 lg neh, kok ga ada suaranya ya?
    Misalnya kita nyuruh villager bwt bangun kastil, biasanya ada suaranya tuh..
    Nih kok gk ada ya gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah itu,
      1.Cek dulu pengaturan suara PC/laptopnya.
      2.Mungkin file game AOE2 agan bermasalah,coba copy game yang nggak bermasalah dari Laptop lain.

      Hapus
  7. gan , game Aoe ane udah bagus gambarnya tapi ko ga bisa di seting ke resolusi gambar 1280x1024 ?? tombol nya ga bisa di centang
    gimna pencerahan nya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masalah itu,ane belum nemuin solusi gan,tapi kalau di logikakan,age empires tu cuma bisa pakai resolusi 1024*768, kalau mau pakai resolusi bagus,mungkin agan harus coba Age of Empires II HD,

      Hapus
  8. akhir nya terpecah kan juga masalah grafis nya tq bro, ane test empire 2 HD tpi sayang gak bisa Local lan tau kenapa jdi gak bisa main ama temen, balik lagi deh ke empire 2 yg biasa biar main bareng ama teman,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Age empires II HD itu udah di modif gan,gak enak lagi,banyak cheatnya

      Hapus
  9. Mantabs... akhirnya nemu juga disini.. udah ulang2 install driver. Keep on the good work Gan..!! thx

    BalasHapus
  10. mantap gan puter2 om google cma trik agan yg berhasil..makasih gan

    BalasHapus
  11. terimakasih gan>>> anda sangat genius.... salut sama daya fikirmu>> trimsssss .. main yukkk

    BalasHapus
  12. Gan ane bli cd aoe3 udah ane install sukses jga, tapi pas ane mau maen muncul kya gni

    initialization failed
    Direct3d initialization failed. Possible causes:
    Old or corrupted graphic driver.
    Direct3d improperly installed.
    Hardware acceleration disable.
    Starting the application with the workstation locked.

    Please check the Log file for more information

    Mohon se mohon2 ny tolong Di pecah kan masalah inI,
    Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya panjang bener gan,,wkwkwk
      mf gan,kemarin ane coba AOE 3 di instal lancar2 aja nggak ada masalah yang serius,tapi pas ane main tuh game,menurut ane kurang menarik.jadi dibatalin deh move on nya ke AOE3 ,masih cinta sama AOE2.

      Hapus
  13. ok mantap deh, gw udah coba ternyata bener gambar nya bersih...
    terima kasih gan...

    BalasHapus
  14. help me...game nya knp ga bs dsimpan ya?apa penyebab dan gmn benerinnya? thanks sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. disimpan file gamenya?
      atau menyimpan history gamenya?

      Hapus
  15. Ane instal empire 2 HD sudah instal sampe finish tidak ada masalah, tetapi saat mau main game tidak bisa dibuka. Tertulis pesan "The application failed to initialize properly (0X0000142). Click OK to terminate the application"
    Mohon bantuannya Gan
    Terimakasih

    BalasHapus
  16. gan mau nanya biar mainnya full layar gimana ya? mohon bantuannya yg lengkap ya

    BalasHapus
  17. mantab....layar tidak full ada solusinya ga ya.....?

    BalasHapus
  18. MkAAASIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIH ya.... heheheh

    BalasHapus
  19. gak bisa di buat main AOE 3 di Windows 8.1 :'(

    BalasHapus
  20. AOE 3 complete bisa kok main di win 8.1 @hendra fitri
    just info jual pc game murah rp.4000-5000/dvd www.aliagame.com

    BalasHapus
  21. gan, saya mau nanya, knp saat saya instal AOE 3 muncul bacaan PLEASE INSERT DISK AOE 3

    BalasHapus
  22. GAn, kenapa yah saya pas main game stronghold 2 gambarnya kayak tv rusak gitu (pecah-pecah). padahal spec pc saya sudah diatas. Kalo ada yg tau mohon bantu saya.. please. Ini alamat email saya : azrielrahmat007@gmail.com

    BalasHapus
  23. uda bisa maen tanpa bercak2 gaje gan, thanks...

    BalasHapus
  24. Gmna cara nya main multiplayer di AoE2 gan dan pilih yang mana di menu multiplayer nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pilih multiplayer bro,habis tuh pilih LAN, kalau mainnya pakai Jaringan LAN atau WLAN

      Hapus
  25. kalau di windows 8.1 kaga isa ya gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, biasanya kalau ada masalah, itu tergantung jenis VGA nya.

      Hapus
  26. gan mau tanya di game AOE2 pointernya hilang ato invisible itu knp ya di windows 8.1 gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu VGA nya gan, coba pakai win XP, biasanya mau.

      Hapus
  27. gan, mau nanya, kenapa ya grafis AOG 2 nya masih bercak" ? pd hal sudh cba cra agan di atas,,saya memakai windows 7,,mohon bantuan ny

    BalasHapus
  28. pas dibuka malah garis2 hitam putih kayak tv jjadul. gimana donk

    BalasHapus
  29. Gan,punyaku AEO2 pas waktu create pake lan kok force close?butuh pencerahan agan

    BalasHapus
  30. trim gan saran anda ini mantab banget

    BalasHapus
  31. Makasih gan, sangat membantu. :D mampir di blog ane: aw-orange.blogspot.com

    BalasHapus
  32. Kreatif juga ya kamu,... suka saya orang yang penasaran dan gak gampang nyerah ke gini,...

    BalasHapus
  33. Ada masalah ketika main AOE II HD Edition Map tidak kelihtan, ada solusi?

    BalasHapus
  34. mantap beroo
    makasii saranya hehee :D

    BalasHapus
  35. kok bisa ya? :v

    dengan hanya membiarkan Screen resolution terbuka, graphics nya langsung bagus :D

    thanks gan

    BalasHapus
  36. link download yang bagus apa ya gan ?

    BalasHapus
  37. Gan kursor mouse saat main AOE II kenapa tidak muncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku install di win 8 ,mohon pencerahannya

      Hapus
    2. windows 8 biasanya memang kayak gitu gan, dia udah pakai framework 4.0. saran ane pakai windows 7 aja gan Sesuai dengan judul ane. hehehe

      Hapus
  38. Kalo main AOE II Conquerors itu pas main di Conquerors campaign bagian Attila The Hun Baru mulai main selalu Force close/ Stopped working gan gimana ya cara perbaikannya ? mohon bantuan nya gan

    BalasHapus
  39. mas tanya...AOE2 punya saya instruksi untuk prajurit attack/bertahan/patrol/standby/guard kok hilang...mungkin ada solusi untuk memunculkan lagi instruksi instruksi tersebut...terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ninggal jejak, saya juga sama permasalahannya

      Hapus
  40. permisi gan .. punya saya Aoe nya masih ada bercak2 ga jelas .. game nya juga jd ga jelas.. cara yg agan beri blm bsa merubah tampilan aoe saya.. mohon solusinya

    BalasHapus
  41. Udah ane cobain sarannya tapi tetep bercak2 gk jelas....

    BalasHapus
  42. gan kalo suka keluar sendiri kenapa ya?

    BalasHapus
  43. kenapa punya ane ga bisa gan..padahal punya ane udah di win 7

    BalasHapus
  44. Maaf gan. Kok di laptop aku masih ancur aja gambarnya. Malah masih di menu awal udah ancur gambarnya.tolong pencerahannya gan. Makasih

    BalasHapus
  45. Mantafff, thx udah berbagi ilmunya, semoga barokah boss

    BalasHapus
  46. Gila, Gw kira becanda..... thx bro ilmunyaa..moga barokah

    BalasHapus
  47. Gan, mau nanya mohon jawab ya, udh abisin waktu berjam-jam di mbh google ga ketemu.. kok pilihan prajurit attack/bertahan/patrol/standby/guard saya bisa hilang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ninggal jejak, saya juga sama permasalahannya

      Hapus
  48. Gan kalau age of empire 1 di laptop window 7 ko gambar nya patah patah ya gan, nge lag banget. Masa geser kursor aja ngelag nya minta ampun, terus gerak orangnya semuanya ngelag patah patah. Itu gimana ya gan?

    BalasHapus
  49. Mantap.. bgt.. kbgtan
    tapi gan, gmn caranya supya Scren Size nya 1280x1024? bisa kah?
    :D :D tengkyu gan

    BalasHapus
  50. saya udah ikutin instruksi diatas tp masih ada barcak2, gambar masih bintik2, gimana ya gan? saya pake windows 7,bisa dibantu agan2?

    BalasHapus
  51. Mantap Gan....membantu sekali...Trims yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada ngomongin Gan gan semua dah

      Hapus